Selasa, 01 Mei 2012

Senyumku & Arvind di Hari Kartini...




Rabu, 21 April 2010 (HARI KARTINI di SEKOLAH ARVIND)

Siang ini aku tidak bisa tidur siang. Setelah terus mengeluskan tanganku ke kepala Arvind, anak laki-lakiku tercinta, yang akhirnya tertidur penuh bahagia, hasrat menulisku sudah tidak bisa ditahan.Mungkin karena terlalu bahagia & tidak percaya. Sedari pulang sekolah, kami berdua, aku & Arvind, tidak bisa berhenti tersenyum.

Dari tadi malam, aku sudah uring-uringan dengan suamiku, apa yang harus aku buat untuk lomba Art Performance di Sekolah Arvind, dari bahan kotak susu bekas, dalam rangka hari Kartini. Pasalnya, dari aku kecil, aku paling tidak suka buat prakarya/kerajinan tangan di sekolah. Pasti Mamaku lah yang membuatkannya, mungkin karena dulu kakakku sangat kreatif & pandai dalam hal kerajinan tangan/prakarya, jadi aku sebagai adik selalu minder dibanding-bandingkan dengan kehebatan kakakku. Aku lebih suka olahraga atau permainan. Suamiku sampai berkata,”Kalo buat sesuatu harus think out of the box…haduh..dibilang begitu, aku tambah senewen. Akhirnya, dia menyarankan buat lapangan bola, karena dari kotak susu MILO yang kami punya, sudah ada gambar anak laki-laki menendang bola. OK, sudah dapat idenya. Pasrah saja, karena dari kecil aku sudah tidak terlalu berharap menang lomba, apalagi kalo berhubungan dengan seni & kerajinan. Nothing to lose…

Walau agak telat sampai di sekolah, Arvind sudah enjoy berada dengan teman-temannya. Malah mau bernyanyi “Baba Black Sheep” di tengah teman-temannya. Tibalah saatnya Ms. Marlyn, Kepala Sekolah Arvind mengumumkan bahwa perlombaan akan dimulai, dan akan dinilai langsung dari TIM KREATIF TV HAPPY HOLY KIDS. Aku sih tidak peduli mau dinilai siapapun, yang penting anakku sudah enjoy di sekolahnya. Aku tanya anakku,”Vin, kita mau buat Messi main bola ya di lapangan bola??” “Ngga mau , Ma, aku mau buat kandang anjing aja..”, jawab anakku. “Wah, kalo kandang anjing, kotak susunya kekecilan..nanti anjing arvind ngga muat masuk kandangnya..” “Kandang anjing ya Ma,”tegas anakku.

Buyar sudah bayangan membuat lapangan bola yang sudah ada di kepalaku.Katanya Nothing to lose, tapi kok masih deg-degan...hmmm dasar ibu-ibu..... Detik-detik berlalu. Anakku juga membantu aku menggunting kotak susunya, menempel kertas krepnya, menggunting benang Woolnya. Kandang sudah jadi. Lalu anjingnya??Ya sudah terpaksa buat anjing dari kardus kotak susu. Sederhana, tapi lumayan ada kepala & badan. Rambut&ekornya dari benang Wool, mata hidungnya dari manik-manik. Semua bahan sudah disediakan guru-guru di sekolah, kami cuma membawa kotak susunya. Selesai.

Beberapa teman Arvind mulai tertarik dengan kandang anjing itu. Ada yang mencopot anjingnya, yang sudah ku lem di depan kandang. “Haduuhh…kacau nih pikirku..tapi anakku juga malah jadi main-mainan di kandang itu. “Ma, ini hujan, anjingnya harus masuk kandang..” Aku bilang, “Ngga usah, anjingnya lagi jaga rumah.”(dengan harapan anjing itu tidak ditarik lagi karena sudah ku lem di atas kardus, kalo ditarik, aku takut rusak..) Tapi ternyata teman Arvind sudah ada yang langsung menariknya, tanpa bisa kucegah. Untung tidak rusak, ngeriku..

Akhirnya, 1 jam waktu yang ditentukan selesai. Tim Kreatif TV Happy Holy Kids menilai, anakku main dengan teman-temannya. Setelah menunggu, akhirnya pengumuman tiba. Dimulai dari kelas Toddler, disebutkan Juara I,II,III. Anakku yang gelisah. “Ma, Arvind juara ngga?” "Belum tahu!,jawabku.

Lalu mulailah kelas Nursery, kelas anakku. Ada 10 anak yang ikut lomba dari kelas Nursery. Wah, berat pikirku. Akh, aku kan tidak berharap apa-apa. Anakku pun sudah kelelahan minta pulang. Tapi aku tahan sedikit. Akhirnya dimulai dari Juara III, “VEREN” anak baru yang berkarya dengan papanya membuat robot. Lalu, Juara II, “CHELSEA” dengan karya Lemari Baju nya yang cantik..Saat diumumkan juara II, aku sudah lemes, hehehe..dalam hati ternyata aku pengen juara juga, walaupun hanya juara III hehehe..

Lalu, Ms. Marlyn, menyebutkan, The First Winner is F…. ARVIND Krisanto…..aduh…aku lemes banget dengernya..Pengen menangis, tapi malu, tapi sudah senang sekali melihat anakku berkata,”Ma, Arvind juara?? Setengah bertanya, setengah menegaskan…”Ma, kandang anjing Arvind keren??” Heehe..iya kandang anjing Arvind keren sekali dapat juara I.

Sayangnya, aku tidak membawa kamera tadi. Jadi aku tidak bisa mendokumentasikan kebahagiaan Arvind & aku. Sebenarnya karya kami jauh dari rapi & bagus. Tapi aku yakin itu karena anakku ikut membantu membuatnya, bukan semata-mata buatan aku, Mamanya.

Anakku, hari ini Mama bahagia sekali. Kami rayakan sambil duduk-duduk makan siang dipinggir danau di perumahan Vila Dago & langsung menelpon Papa. “Pa, Arvind juara I kandang anjingnya.” Suamiku tertawa lepas..."Wah,. mamanya bisa juga kan buat prakarya," sindir & pujinya. Hehehe....
Seperti biasa, setiap pulang sekolah, aku harus mengajak Arvind putar-putar di perumahan Vila Dago untuk melihat anjing-anjing yang dipelihara disana. Hhmm….ternyata, kandang anjing itu membawa kebahagiaan buatku & anakku.

(Selamat Hari Kartini, perempuan Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar